EMail :
admin@lensarakyat.com

Pengunjung

224637
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
67
819
5077
211697
18269
26664
224637

Your IP: 54.166.245.10
2018-05-25 02:42
×

Pemberitahuan

There is no category chosen or category doesn't contain any items
Senin, 25 Desember 2017 08:01

Mengintip Wisata Pemandian Air Panas Belawan Featured

Written by
Rate this item
(1 Vote)
Keterangan foto, searah jarum jam mulai kiri atas : Abdul Aziz (kanan, memakai topi merah); kolam wisata air panas Belawan; air terjun air panas Belawan; goa kapur Belawan. (Dok. Suliyadi). Keterangan foto, searah jarum jam mulai kiri atas : Abdul Aziz (kanan, memakai topi merah); kolam wisata air panas Belawan; air terjun air panas Belawan; goa kapur Belawan. (Dok. Suliyadi).
 
Bondowoso - Selain keindahan kawah Ijen, wisata pemandian air panas Belawan yang berlokasi di Dusun Belawan Desa Kalianyar Kecamatan Sempol Kabupaten Bondowoso juga bisa menjadi salah satu tujuan obyek wisata saat liburan. Panasnya air kolam, indahnya air terjun, sejuknya hawa pegunungan dan ekstrimnya akses menuju goa kapur, menghapus kepenatan pengunjung seusai melewati perjalanan panjang menuju wisata pemandian air panas Belawan.  
 
"Pemandian air panas Belawan ini sudah ada sejak jaman nenek moyang. Namun dikelola oleh pemerintah sejak 12 tahun silam, disini juga terdapat wisata goa kapur dan air terjun," ungkap pengelola wisata pemandian air panas Belawan, Abdul Aziz (37 tahun) di lokasi pemandian air panas, Minggu (24/12).
 
Lanjut Abdul Aziz, dengan mandi di wisata pemandian air panas menurutnya banyak manfaatnya, seperti menghilangkan penyakit kulit dan bisa untuk terapi kesehatan. "Sebab air di kolam pemandian air panas kandungan zat Sulfur-nya sangat tinggi," jelasnya.
 
"Selain mengandung Sulfur, panas air di kolam juga bervariasi. Khusus di Dusun Belawan ada 29 titik air panas, dan panasnya juga bervariasi, semua tergantung ketinggian mata air yang muncul," terangnya.
 
Pria kelahiran Bondowoso ini juga menambahkan, terkait pengunjung yang datang di wisata pemandian air panas Belawan berasal dari warga Bondowoso dan warga luar Kabupaten Bondowoso, seperti Banyuwangi, Surabaya, Kediri, Nganjuk, Tulungagung. "Namun yang dominan datang warga Bondowoso, Jember dan Banyuwangi, turis mancanegara juga ada, biasanya mereka datang di bulan Juni, Juli dan Agustus," ucapnya.
 
"Kemajuan wisata pemandian air panas Belawan ini juga tak luput dari campur - tangan Pemkab Bondowoso, seperti perbaikan cat, keramik, gazebo dan  lokasi perbaikan lahan parkir. Namun masih ada beberapa pengunjung yang mengeluh terkait kenyamanan wisata air panas Belawan, seperti kurang luasnya kolam pemandian air panas, saat pengunjung ramai MCK kurang dan akses menuju wisata pemandian air panas Belawan juga perlu peningkatan jalan," tuturnya.
 
"Namun Pemkab Bondowoso rencananya tahun depan  akan menambah kolam pemandian di lokasi wisata pemandian air panas Belawan. Harapan kami, semoga Pemkab Bondowoso juga memenuhi kekurangan - kekurangan yang ada di wisata pemandian air panas Belawan. Kami menjaga wisata air panas Belawan ini 24 jam mas," pungkasnya. (Sul/Gus).
Read 331 times