EMail :
admin@lensarakyat.com

Pengunjung

195710
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
1274
658
4225
182268
16006
23522
195710

Your IP: 54.81.71.187
2018-04-19 16:23
×

Pemberitahuan

There is no category chosen or category doesn't contain any items
Rabu, 28 Maret 2018 19:24

Jajaran Imigrasi II Jember Tingkatkan Pengawasan Orang Asing Featured

Written by
Rate this item
(1 Vote)
Foto (dok. by Suliyadi). Foto (dok. by Suliyadi).
 
Jember - Jajaran Kantor Imigrasi Kelas II Jember menggelar rapat koordinasi tim Pengawasan Orang Asing (Pora) tingkat kabupaten dan kecamatan di hotel Aston, Selasa (28/03). Hal ini bertujuan untuk mengantisipasi persoalan negatif dampak kedatangan orang asing di Indonesia.
 
"Kedatangan orang asing di Indonesia memberi dua dampak, yakni positif dan negatif. Secara positif, kedatangan orang asing di Indonesia bisa meningkatkan pelimpahan devisa yang pada gilirannya dapat mensejahterakan masyarakat Indonesia," ungkap Kabid Intelejen, Penindakan, Informasi dan Komunikasi Kanwil Imigrasi Jatim, Tohadi, dalam sambutannya.
 
Lanjut Tohadi, namun orang asing yang datang di Indonesia juga bisa membawa dampak negatif, seperti kepentingan untuk mendominasi ekonomi, tenaga kerja dan kepentingan trans nasional seperti pencurian kekayaan alam, terorisme dan bisnis narkoba. "Dengan kepentingan tersebut, secara langsung maupun tidak langsung akan mempengaruhi kompleksitas permasalahan politik, hukum, kesejahteraan masyarakat dan keamanan," paparnya.
 
"Dengan adanya permasalahan yang kompleks tersebut, jelas akhirnya akan merugikan kepentingan negara. Untuk itu Kemenkum HAM RI mengintruksikan sebagaimana Peraturan Menteri Menkum HAM no 50 tahun 2016, agar terbentuk tim Pora di tingkat kabupaten maupun kecamatan," jelasnya.
 
Tohadi juga menambahkan, dengan adanya tim Pora, Kemenkum HAM berharap bisa mengantisipasi persoalan negatif akibat kedatangan orang asing. Saya harap dengan adanya tim Pora tingkat kecamatan dan kabupaten yang terkoordinir, pengawasan terhadap orang asing lebih optimal," pungkasnya.
 
Berdasarkan data terhimpun, rapat tim Pora Kantor Imigrasi II Jember  dihadiri, jajaran Kapolsek, Danramil, Camat, OPD dan perwakilan Kejaksaan Negeri Jember. (Sul).
Read 131 times