EMail :
admin@lensarakyat.com

Pengunjung

195719
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
1283
658
4234
182268
16015
23522
195719

Your IP: 54.81.71.187
2018-04-19 16:27
×

Pemberitahuan

There is no category chosen or category doesn't contain any items
Selasa, 10 April 2018 17:03

Kades Sruni Ubah Lahan Tidak Produktif Menjadi Wisata Edukasi Featured

Written by
Rate this item
(1 Vote)
Foto Kades Sruni (kanan, baju coklat) (dok. Suliyadi). Foto Kades Sruni (kanan, baju coklat) (dok. Suliyadi).
 
Jember - Kepala Desa (Kades) Sruni Kecamatan Jenggawah berencana membuat laboratorium pertanian untuk meningkatkan taraf perekonomian warganya dengan memanfaatkan lahan tidak produktif. Ia berharap dengan mengubah lahan tidak produktif seluas 1 Ha menjadi wisata edukasi bisa mengedukasi masyarakat tentang ilmu pertanian dan bisa menambah pendapatan penghasilan.
 
"Saya akan mengubah lahan tidak produktif menjadi wisata edukasi dengan menanaminya dengan tanaman buah dan kopi. Selain budidaya tanaman buah dan kopi, budidaya ikan dan ternak juga menjadi target kita untuk wisata edukasi nantinya," ucap Kades Sruni, H Muhammad Nanang K, di lokasi lahan yang berada di Desa Jatisari, Selasa (10/04).
 
Nanang juga menyampaikan bahwa ia juga ingin agar lahan wisata edukasi tersebut, nantinya juga bisa mengajari masyarakat cara membuat pupuk organik dan cara bertanam atau beternak yang benar. "Jadi desa juga harus bisa memberi contoh kepada masyarakat, jangan hanya memerintah saja," tuturnya.
 
"Kalau dulu ada program namanya Bekerja dan Belajar (Kejar), jadi selain belajar, uang juga masyarakat dapatkan. Kebetulan saya memiliki basic sebagai pemerhati lingkungan, jadi itu yang memotivasi saya," ungkapnya.
 
Nanang juga berharap dengan adanya wisata edukasi bisa menjadikan pertanian sebagai potensi berkelanjutan. "Kita juga sering sharing dengan beberapa perguruan tinggi terkait wisata edukasi ini, karena perguruan tinggi memiliki program dengan kita sebagai obyeknya," katanya.
 
"Kemarin kita juga bekerjasama dengan Universitas Jember (Unej) dan Universitas Muhammadiyah (Unmuh) Jember untuk menanami lahan pekarangan warga dengan bibit kopi. Sementara untuk saat ini, lahan tidak produktif saya tanami buah jambu air jenis merah deli, buah naga dan kopi," tutupnya. (Sul).
Read 154 times