EMail :
admin@lensarakyat.com

Pengunjung

225434
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
864
819
5874
211697
19066
26664
225434

Your IP: 54.81.232.54
2018-05-25 23:32
×

Pemberitahuan

There is no category chosen or category doesn't contain any items

Ekonomi & Bisnis

 
Jember - Upaya untuk mensejahterakan para pedagang pasar di Kabupaten Jember, Bupati Jember akan menerapkan e - retribusi dan kartu pedagang terhadap pasar - pasar yang ada di Jember mulai pertengahan Desember. Menurut Bupati Jember, dr Hj Faida MMR, ada tiga pasar yang akan mengawali penggunaan e - retribusi dan kartu pedagang, yakni Pasar Mangli, Pasar Kreyongan dan Pasar Tanjung.
 
"Penerapan e - retribusi dan kartu pedagang ini tindaklanjut MoU Pemkab Jember dan BTN Pusat agar pedagang di Jember inklusi dengan dunia perbankan dan keuangan. Sehingga kedepan para pedagang di Jember lebih mudah mendapatkan akses bantuan dari Pemkab Jember, yakni bupati sebagai pengawal kepentingan pendanaan UMKM dan pedagang pasar," ungkap Bupati Jember, dr Hj Faida MMR, Jum'at (23/11) di Pendopo bupati.
 
Lanjut bupati, target awal penerapan e - retribusi akan dilaksanakan di tiga pasar, kemudian dilanjutkan di 31 pasar yang ada di tiap kecamatan serta pasar rakyat yang ada di desa - desa. "Pembangunan pasar secara fisik dan lapak - lapak yang bagus tidak cukup untuk mengimbangi tantangan jaman," tuturnya.
 
"Selain fisik pasar yang bagus, manajemen bagus dan kemajuan tekhnologi perlu untuk memajukan kesejahteraan pedagang pasar yang ada di Jember. Jadi e - retribusi manfaatnya positif dan kartu pedagang sangat banyak manfaatnya," ujarnya.
 
Faida juga menambahkan bahwa target uji coba pelaksanaan e - retribusi dan kartu pedagang mulai 15 Desember mendatang. Saya harap uji coba ini berjalan lancar dan pelaksanaannya bisa diimplementasikan di pasar - pasar lainnya," jelasnya. (Sul).
Jember - Perum Bulog Divre XI Jember sejak Rabu (17/05) menggelar Gerakan Stabilisasi Pangan (GSP) untuk mengantisipasi kenaikan harga pangan, seperti beras, gula, minyak goreng dan bawang merah. Jika kemarin ada bawang merah dengan harga bersaing, kini Bulog Jember menjual bawang putih dengan harga lebih murah dari pasaran.
 
"Jika dipasar harga bawang putih dengan harga 47 ribu Rupiah hingga 48 ribu Rupiah per Kilogram, kita menjualnya cuman 38 ribu Rupiah per Kilogram. Harga bawang putih kita jauh lebih murah dan terjangkau daripada harga bawang putih di pasaran," ungkap Waka Perum Bulog Divre XI Jember, Dwiyana Puspitasari kepada media di ruang tamu Kantor Bulog Divre XI Jember, Jum'at (19/05).
 
Perempuan kelahiran Klaten ini juga menambahkan, bawang putih yang Bulog jual merupakan jenis bawang putih impor. 
 
"Jadi tolong sampaikan kepada masyarakat stok bawang putih Bulog sudah ready dan banyak. Apabila ada permintaan di pasar kita siap layani," terang perempuan yang juga pernah ditugaskan di Sulawesi Barat ini. (Suliyadi)
Jember - Dinas Koperasi (Diskop) Jember bakal membubarkan 300 koperasi di Kabupaten Jember yang tidak melakukan kewajibannya. Menurut Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Kantor Diskop Jember, upaya Diskop untuk mengajukan pembubaran ke Kementerian Koperasi RI dan segera Menteri Koperasi bubarkan, karena 300 Koperasi tersebut tidak mengadakan Rapat Anggota Tahunan (RAT) dan kewajiban lainnya.
 
"RAT merupakan sebuah kewajiban bagi koperasi sebagaimana yang pemerintah atur melalui Undang - Undang tentang Koperasi. Jadi setiap setahun sekali koperasi harus membuat RAT, jika selama tiga tahun sebuah koperasi berturut-turut tidak membuat RAT dan tidak melaksanakan usaha selama 2 tahun berturut- turut, maka kami akan ajukan pembubaran ke Kementerian untuk pembubaran koperasi tersebut oleh Kementerian Koperasi RI, ungkap Kabid Kelembagaan dan Pengawasan Kantor Dinas Koperasi Jember, Endro Lukito S.STP saat lensarakyat.com menemui di ruang kerjanya, Selasa (16/05).
 
Pria kelahiran Jember ini juga menambahkan, ada beberapa tahap langkah yang kami lakukan untuk membubarkan koperasi yang tidak melakukan RAT. Pertama kita akan memberikan peringatan selama dua kali, kemudian jika tidak ada tindak lanjut baru kita lakukan pelaporan pembubaran, jelasnya.
 
Endro juga menghimbau koperasi yang ada di Jember untuk mematuhi regulasi yang ada, seperti UU atau Peraturan Menteri tentang koperasi, agar jajarannya bisa memantau pergerakan koperasi dan memastikan bahwa kondisi koperasi benar-benar sehat. Namun kebanyakan informasi terkait koperasi tidak melakukan RAT berasal dari anggotanya sendiri yang mensinyalir jika koperasi naungannya tidak akan mampu melakukan RAT, pungkasnya. (SPR-02)

Kabupaten Malang - Perubahan struktur organisasi membuat Dinas Koperasi dan Usaha Mikro hanya terfokus pada usaha mikro. Target yang akan mereka canangkan adalah merubah usaha mikro, salah satunya koperasi, sebab di Kabupaten Malang sedikitnya 36 koperasi tidak aktif.

“Tahun 2017 Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Pemerintah Kabupaten Malang hanya fokus pada revitalisasi koperasi dan usaha mikro. Ini karena usaha kecil dan menengah Provinsi yang mengambil alih," ungkap Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang, Dra. Made Dewi Anggraini M.Si kepada lensa rakyat, Selasa (18/04).
 
Ia juga menyampaikan, untuk saat ini mulai bulan Januari hingga Maret, dinas lebih membenahi Koperasi yang ada di Kabupaten Malang yang belum menyelesaikan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Total 1.253 koperasi, dengan sisa 10 persen koperasi yang belum melakukan RAT,” ujarnya.

Made menambahkan, target Dinas Koperasi dan Usaha Mikro adalah menyelesaikan sekitar 97 koperasi tidak aktif. Dengan 67 koperasi terkena sanksi dari Kementrian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, ucapnya.
 
Jangka waktu selama enam bulan untuk pemberian sanksi, dibubarkan atau masih tetap aktif. Setelah dicek masih ada 3 koperasi yang salah alamat yang ternyata berada di luar Kabupaten Malang, terangnya.
 
Sehingga dari 64 koperasi tersebut, yang sudah direvitalisasi sebanyak 28 koperasi. Sisanya 36 ditargetkan selama tiga bulan, dengan setiap bulannya ada sebanyak 12 koperasi dan mungkin bisa lebih,” paparnya.

Tahun ini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro akan melakukan penyuluhan sadar berkoperasi, penyelesaian RAT, manajemen keuangan. Tujuannya untuk kemandirian bagi koperasi yang mengajukan untuk membuka koperasi yang lebih berkualitas dan tersertifikasi, jelasnya.
 
Selain itu, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro juga mereformasi sistem seluruh koperasi di Kabupaten Malang menggunakan IT.
 
Made juga mengatakan, ini merupakan tantangan menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dan persaingan di dunia perbankan agar koperasi bisa berbenah dan merubah sudut pandang masyarakat.

Untuk tahun 2016 perkembangan UMKM di Kabupaten Malang sebanyak 418.860 unit. Terdiri dari 302.529 unit Usaha Mikro, 115.070 unit Usaha Kecil, dan 1.261 unit Usaha Menengah, rincinya.
 
‘’Tahun 2017 ini Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Malang terfokus pada usaha mikro. Agar usaha mikro di Kabupaten Malang bisa berkembang menjadi usaha kecil dan menengah melalui penyuluhan, pendampingan, peningkatan SDM dan membantu mempromosikan,” pungkasnya.(GT)

Kabupaten Malang - Peternak ayam petelur di Kabupaten Malang mulai menjerit, pasalnya harga pasaran telur ayam terus menurun. Akibatnya ratusan peternak ayam terancam gulung tikar karena beban biaya produksi yang tidak seimbang dengan hasil yang peternak dapatkan.


Menurut Rendra permainan harga yang dilakukan pengusaha di sinyalir menjadi biang anjloknya harga telur ayam di pasaran.


"Saat ini harga telur ayam berkisar Rp 14 ribu per Kilogram, sedangkan biaya produksi yang harus peternak keluarkan mulai pakan hingga vitamin , melebihi hasil yang di dapatkan. Hal ini jelas akan mematikan keberadaan para peternak ayam petelur,"  ungkapkan Bupati Malang, Rendra Kresna kepada Lensa Rakyat usai menerima kunjungan Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI Drh. I Ketut Diamirta MP, Selasa(18/04).


Meski disadari , imbuh Rendra jumlah ternak ayam petelur di Kabupaten Malang saat ini hanya berjumlah sekitar 57.665 ekor ayam, dan masih kalah jauh dengan Blitar. Tapi keberadaan ternak ini mampu membawa dampak signifikan bagi Kabupaten Malang, ujarnya.


Hal sama diutarakan Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Ir Endang Retnowati, menurut nya turunnya harga telur dipasaran ini diduga permainan para pengusaha. Terlebih akan mendekati bulan ramadhan sehingga tingkat kebutuhan masyarakat semakin meningkat.


"Kami menduga seperti itu mas, jika itu benar kami sangat prihatin. Karena biaya dengan biaya  produksi ternak yang besar sedangkan hasil yang peternak dapatkan tidak sepadan, maka hal ini lambat laun akan merugikan peternak ayam petelur hingga berujung bangkrut," beber mantan Kepala Perpustakaan dan Arsip ini.


Untuk itu pihaknya bekerjasama dengan Dinas Peternakan Provinsi Jawa Timur dan Dirjen Peternakan RI berusaha mencari solusi tepat mengatasi masalah anjloknya harga telur ayam di Kabupaten Malang ini.


"Bersama Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan RI dan Kepala Dinas peternakan Provinsi Jawa Timur kami berusaha mencari solusi tepat terkait turunnya harga telur ayam ini dengan mengumpulkan peternak dan pengusaha," pungkas Atik sapaan akrabnya. (GT)

NEW YORK, KOMPAS.com - Kesuksesan permainan Pokemon Go yang kini menjadi fenomena di seluruh dunia mendorong penguatan saham perusahaan permainan Jepang, Nintendo. Sejak 6 Juli 2016 hingga hari ini, saham Nintendo sudah menguat 120 persen berkat permainan tersebut.

Pada perdagangan harian di bursa Tokyo, Selasa (19/7/2016), saham Nintendo menguat 14 persen. Hal ini tidak lain didorong gandrung permainan Pokemon Go yang sensasional. Nilai pasar Nintendo pun kini bertambah 23 miliar dollar AS.

Dengan demikian, valuasi perusahaan Nintendo kini mencapai 4,5 triliun yen atau setara 42,5 miliar dollar AS. Valuasi Nintendo tersebut melampaui valuasi Sony yang tercatat 4,1 triliun yen dan Canon yang mencapai 4 triliun yen.

Selain itu, valuasi Nintendo juga jauh melampaui Panasonic yang memiliki valuasi 2,4 triliun yen dan Toshiba yang tercatat 1,3 triliun yen.

Pokemon Go kini merupakan sensasi dunia, tercatat sebagai aplikasi gratis teratas baik di Apple App Store dan Google Play.

Para investor kini berharap Nintendo bisa menanamkan dana untuk pembelian fitur add-on. Beberapa waktu lalu, kepala developer di balik permainan Nintendo Pokemon Go menyatakan ingin meluncurkan permainan yang tengah digandrungi tersebut ke 200 negara dan kawasan.

Adapun saat ini Niantic tengah meningkatkan kapasitas server. Permainan ini menjadi sebuah fenomena di seluruh dunia. Padahal, Pokemon Go secara resmi baru diluncurkan di lima negara, yakni Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Inggris, dan Jerman.

"Mengapa harus membatasi?" kata John Hanke, CEO Niantic yang mengembangkan Pokemon Go bersama dengan Pokemon Company yang merupakan afiliasi Nintendo.

Sumber : KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Pertanian menghimbau masyarakat tidak perlu khawatir soal kesehatan dan kehalalan jeroan dan daging sapi impor.

Kementerian Pertanian menjamin seluruh jeroan yang masuk ke Indonesia aman dan halal, karena impor hanya berasal dari negara dan RPH (Rumah Potong Hewan) yang telah diperiksa, disetujui, dan diawasi oleh pemerintah.

"Kita mengimpor jeroan harus aman, sehat, utuh dan halal. Selain institusi, ada karantina juga yang mengawasi. Artinya, masyarakat kita jaga memakan makanan yang memenuhi kriteria ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) itu," ungkap Direktur Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Ketut Diarmita di Gedung C Kantor Kementerian Pertanian, Jakarta, Selasa (19/7/2016).

Ketut menambahkan, jeroan bila dikonsumsi berlebihan dapat memicu timbulnya penyakit karena mengandung asam purin atau kolesterol yang tinggi.

Namun, beberapa jeroan memiliki kandungan kolesterol yang tidak tinggi seperti jantung, hati dan paru 

Karena itu, Pemerintah hanya membuka importasi jeroan untuk jantung, hati, dan paru.

Kendati begitu, Kementan tetap menghimbau masyarakat untuk memperhatikan jumlah konsumsi agar tidak berlebihan.

"Yang namanya makanan tidak ada yang tidak berisiko. Obat juga begitu, kalau kebanyakan akan berisiko kan? Artinya dagingnya harus lebih tinggi dari jeroannya. Dilengkapi sayur, dan lain-lain," katanya.

Ketut menegaskan, impor jeroan yang dilakukan bersifat sementara. Kebijakan ini diambil untuk memenuhi asupan protein masyarakat dengan harga yang terjangkau sampai terbentuk pasar yang sehat dan harga stabil.

"Intinya ini sifatnya temporer. Artinya ketika kemampuan pasokan daging dalam negeri sudah aman, kita akan atur peredarannya. Sekarang kita lihat kenyataan bahwa kita sudah kekurangan daging," jelasnya.

Sumber : KOMPAS.com

JAKARTA, KOMPAS.com - Co-Founder Bukalapak.com Muhamad Fajrin Rasyid mengungkapkan pada saat ini sebagian besar Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) belum mengerti program pengampunan pajak. Padahal dalam periode dua terakhir nilai transaksi UMKM di Bukalapak.com terus mengalami peningkatan.

"Banyak UMKM yang selama ini belum mengerti mengenai program ini. Padahal kalau kami lihat dalam dua tahun terakhir nilai transaksi mereka meningkat besar," jelasnya di Main Hall Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (20/7/2016).

Muhamad menambahkan, dalam waktu dekat pihaknya akan segera melakukan sosialisasi program pengampunan pajak kepada para UMKM yang telah menjadi pelapak di Bukalapak.com.

"Sehingga kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas ini. Karena selama ini banyak UMKM yang belum mendaftarkan diri karena tidak tahu harus melapor ke mana," tambahnya.

"Kami siap untuk melakukan sosialisasi tapi teknisnya masih kami tunggu dari pemerintah," pungkas Muhamad.

Sementara itu, sektor UMKM telah menjadi salah satu pilar perekonomian Indonesia yang tangguh dan berperan penting dalam mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM di 2013, UMKM berkontribusi sebesar 59,9 persen dari total Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia.

UMKM juga telah menyerap lebih dari 114 juta tenaga kerja atau 96,5 persen angkatan kerja Indonesia.

Jumlah UMKM terus menunjukkan peningkatan tiap tahun atau sekitar 5 juta UMKM baru per tahun, dan UMKM mampu menciptakan investasi sebesar 63 persen dari total investasi, lebih tinggi dari usaha besar.

Sumber : KOMPAS.com