EMail :
admin@lensarakyat.com

Pengunjung

225394
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
824
819
5834
211697
19026
26664
225394

Your IP: 54.81.232.54
2018-05-25 23:19
×

Pemberitahuan

There is no category chosen or category doesn't contain any items
Senin, 03 Juli 2017 10:37

Uniknya Lebaran Ketupat Warga Sekitar Pantai Watu Ulo Featured

Written by
Rate this item
(1 Vote)
 
Jember - Ada yang unik saat warga sekitar pantai Watu Ulo Kecamatan Ambulu merayakan lebaran ketupat, mereka merayakannya dengan menggelar festival Pegon. Pegon atau Cikar merupakan salah satu alat pengangkutan tradisional warga sekitar pantai Watu Ulo berupa sepasang sapi yang menarik gerobak untuk mengangkut material berupa pasir atau batu - bata.
 
"Pegon adalah alat angkut tradisional yang kini keberadaannya sudah mulai hampir punah, biasanya saat lebaran ketupat warga sekitar pantai Watu Ulo pergi ke pantai untuk merayakan dengan menikmati hidangan ketupat bersama keluarga dengan menaiki Pegon. Melalui festival Pegon ini kita ingin menghidupkan lagi tradisi naik Pegon sekaligus menikmati keindahan alam di pantai Watu Ulo, ungkap Ketua Paguyuban Pegon Margo Rukun, sekaligus ketua panitia festival Pegon, Seneman kepada awak media, Minggu (02/07).
 
Seneman juga menyampaikan jika dalam festival Pegon peserta harus menghias Pegon dengan berbagai aksesoris, bagi pemenang akan tersedia hadiah. 
 
Sementara Kabid Budaya Dinas Pariwisata Kabupaten Jember, Susmiadi mengatakan hal senada, festival Pegon ini sudah ada sejak tahun 1989 silam dan masyarakat selenggarakan setiap H+7 hari raya Idul Fitri. Pegon atau Cikar ini berjalan secara berarak - arak dengan menempuh jarak 10 Kilometer," ungkapnya, Minggu (02/07).
 
"Festival Pegon ini juga bertujuan untuk menarik minat para wisatawan agar berkunjung ke pantai wisata Watu Ulo, festival ini sempat vakum selama dua tahun terakhir," pungkasnya.
 
Sementara Kepala Desa Sumberejo Kecamatan Ambulu, Riyono Hadi mengaku puas dengan adanya festival Pegon tahun ini. Ia menilai puluhan peserta festival Pegon berjalan sesuai dengan harapannya, yakni berlangsung meriah, ucapnya.
 
"Pendaftaran peserta festival Pegon ini kita gratiskan, bagi peserta yang beruntung nanti akan mendapatkan hadiah dari panitia," tuturnya. (Suliyadi)
Read 455 times