EMail :
admin@lensarakyat.com

Pengunjung

224624
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
54
819
5064
211697
18256
26664
224624

Your IP: 54.166.245.10
2018-05-25 02:39
×

Pemberitahuan

There is no category chosen or category doesn't contain any items
Rabu, 20 Juli 2016 22:47

Turun dari Ijen, Mampir ke Perbukitan Kawah Wurung Bondowoso

Written by
Rate this item
(0 votes)

BONDOWOSO, KOMPAS.com - Ada satu "surga" kecil yang bisa dikunjungi setelah turun dari Gunung Ijen yang berada di perbatasan Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, yaitu Kawah Wurung yang secara administratif berada di Desa Jampit, Kecamatan Sempol, Bondowoso.

Di Kawah Wurung, wisatawan bisa menikmati hamparan padang rumput yang hijau dengan lembah serta sebuah cerukan yang berbentuk seperti kaldera gunung. Wurung sendiri diambil dari Bahasa Jawa yang artinya "tidak jadi atau batal".

"Dulu katanya ini bagian dari kawah gunung Ijen. Tapi karena nggak ada airnya jadi disebut kawah wurung. Nggak jadi," jelas Nyoman salah satu penjaga parkir di sekitar Kawah Wurung kepada Kompas.com, Minggu (1/5/2016).

KOMPAS.COM/IRA RACHMAWATI Wisatawan yang berkunjung di kawasan Kawah Wurung di Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur.

Selain hamparan rumput yang menghijau, wistawan juga bisa menikmati deretan bukit-bukit kecil yang menjadi surga bagi pecinta fotografi. Udara yang dingin serta angin yang berhembus cukup kencang bisa mengurangi kebosanan dari rutinitas pekerjaan sehari-hari dan tempat yang tepat untuk menenangkan diri.

Untuk menuju ke Kawah Wurung, saat turun dari Gunung Ijen, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke arah Bondowoso dengan motor atau mobil pribadi lalu tinggal mengikuti petunjuk arah yang telah disediakan.

Sepanjang perjalanan, kita bisa menikmati kebun kopi serta pemandangan khas pemukimanan di perkebunan. Kurang dari satu jam, Anda akan melewati jalan setapak yang menanjak, lalu selamat datang di Kawah Wurung Bondosowo. Pastikan memori dan baterai kamera cukup untuk mengabadikan keindahan surga kecil di Bondowoso. 

Sumber : KOMPAS.com

Read 557 times