EMail :
admin@lensarakyat.com

Pengunjung

225393
Hari Ini
Kemarin
Minggu Ini
Minggu Lalu
Bulan Ini
Bulan Lalu
Semua
823
819
5833
211697
19025
26664
225393

Your IP: 54.81.232.54
2018-05-25 23:19
×

Pemberitahuan

There is no category chosen or category doesn't contain any items

Wisata Nasional

Bondowoso -  Kabupaten Bondowoso kembali menggelar acara Ijen Trail Running untuk yang ketiga kalinya. Bupati Bondowoso berharap agar ajang Ijen Trail Running bisa menjadi ajang untuk mempromosikan wahana wisata di Kabupaten Bondowoso.
 
"Kegiatan Ijen Trail Running terselenggara dalam rangka untuk menaikkan kunjungan para wisatawan ke Kabupaten Bondowoso. Selain itu, dalam agenda Ijen Trail Running ini kita juga mempromosikan blue fire (api biru-red) Kawah Ijen," ungkap Bupati Bondowoso, Drs. H Amin Said Husni, saat Press Conference Ijen Trail Running 2017, di Pendopo Bupati, Rabu (10/05).
 
Bupati juga menyampaikan jika Ijen Trail Running merupakan rangkaian Asian Trail Master, dan akan membawa dampak positif terhadap popularitas Bondowoso. Dengan adanya Ijen Trail Running, pecinta trail dan pengusaha penginapan  pasti akan mendapatkan dampak positif, jelasnya.
 
"Dengan adanya kunjungan wisatawan, yang jelas omzet penginapan akan bertambah, serta masyarakat sekitar juga akan merasakan peningkatan ekonomi. Peserta Ijen Trail Running kali ini ada 467 peserta, jumlah tersebut lebih meningkat dari tahun sebelumnya, sebab   pesertanya tahun sebelumnya hany 312 orang, jelasnya.
 
Amin juga memaparkan rincian dari 467 peserta Ijen Trail Running 2017 ini meliputi, 100 K dengan 32 peserta, 70 K dengan 69 peserta, 42 K dengan 172 peserta, serta kategori 21 K dengan 91 peserta. Ijen Trail Running 2017 ini diikuti 15 negara, di antaranya, Indonesia, Malaysia,Thailand, Singapura, Filipina, Vietnam, Jepang, Cina, USA, Norwegia, Spanyol,Prancis, Australia, Belgia dan Jerman.(Didit).

 

Kabupaten Malang -  Keberadaan Kampung Seni Bonderland di desa Bunder Pakisaji tidak hanya menghadirkan wahana mainan dan hiburan, tapi menyediakan wadah bagi pelaku industri kreatif di dalamnya.

Hal tersebut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Budpar), Made Arya Wedhantara utarakan saat menghadiri peresmian Kampung Seni tersebut, Kamis (13/04).

Menurutnya keberadaan kampung seni tersebut, selain menambah jumlah kampung wisata tapi juga memberikan peluang kepada para pelaku ekonomi kreatif untuk menunjukan kreatifitas menciptakan brand tertentu , yang menjadi ikon kampung wisata tersebut.

"Seperti K'Sebond ini , pengelolanya memberikan ruang kepada masyarakat desa untuk belajar membatik dengan karakteristik khas masyarakat desa, ini salah satu bentuk strategi wisata dengan menciptakan brand image kampung seni itu sendiri,"ujar Made.

Menurutnya, keberadaan kampung wisata atau kampung seni  harus bersamaan dengan industri kreatif yang menjadi salah satu indikasi menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat sekitar.

"Dengan terciptanya lapangan usaha baru itu dapat mengurangi angka pengangguran sehingga program pengentasan kemiskinan yang pemerintah prioritaskan saat ini dapat terealisasi,"tukas Made.

 

Kabupaten Malang - Warga Kabupaten Malang boleh berbangga, pasalnya kabupaten terbesar kedua di Jawa Timur ini memiliki wahana baru bernama Kampung Seni Bonderland (K'Sebond) yang berada di Kecamatan Pakisaji.

Keberadaan Kampung Seni tersebut makin menambah khasanah budaya tradisional di Kabupaten Malang.

Terlebih di wilayah tersebut banyak tumbuh pelaku ekonomi kreatif yang dapat menjadikan ikon Kabupaten Malang semakin kentara.

Hal ini mengundang decak kagum Wakil Bupati Malang H M Sanusi saat meresmikan kampung seni tersebut, Kamis (13/04).

"Pemerintah Kabupaten Malang sangat mengapresiasi tumbuhnya kampung seni seperti di Bonderland ini, tentunya ini menunjukkan kreativitas masyarakat semakin tinggi, bukan hanya dalam bentuk kreativitas dan seni, tapi dapat menjadi salah satu faktor peningkatan ekonomi masyarakat,"ujar Sanusi.

Tidak hanya itu , tambah Sanusi kreasi seni yang kreatif semakin menguatkan visi Pemkab Malang seperti yang tertuang dalam RPJMD Pemkab Malang.

"Kreativitas seni ini akan semakin menambah ikon Kabupaten Malang sebagai salah satu daerah yang kaya akan berbagai macam destinasi wisata dan kreasi,"imbuh politisi PKB ini.

Ia berharap dengan dibentuknya kreasi seni masyarakat Pakisaji ini dapat diadopsi oleh seluruh desa di Kabupaten Malang untuk dikembangkan di wilayahnya masing-masing. Sebab menurutnya, salah satu indikator pengentasan kemiskinan bisa terwujud melalui kreasi seperti ini. ( GT)